Minggu, 15 Maret 2015

12 Makanan Terfavorit di Jepang

makanan jepang
Hai, hai, hai!! Kalian semua lagi laparkah? Dijamin setelah baca ini kalian bakal lebih lapar lagi. Hehehe sudah siap? Ini diaaa jeng jeng jeng...

1. Ramen
  ramen760
Orang Jepang menyebut ramen sebagai chuka soba atau shina soba karena soba atau o-soba yang bisa berarti mi. Mi ini tersaji dalam mangkuk penuh kuah dengan berbagai macam bahan lainnya. Kuah ramen sangat beraneka ragam tergantung pada jenis kaldu dan bumbu yang digunakan.

2. Miso Soup
miso-soup2
Miso soup serupa dengan ramen. Namun, penggunaan bahan yang sederhana dan porsi yang kecil membuat masakan ini menjadi sajian pembuka acara bersantap. Miso soup umumnya terdiri dari dashi (rumput laut, ikan teri) dan miso (pasta fermentasi yang dibuat dari kedelai).

3. Sushi
143
Sushi menyebut pada nasi yang dibentuk dalam porsi sekali suap bersama neta (lauk) berupa makanan laut, daging, maupun sayuran. Nasi ini umumnya mempunyai rasa masam karena menggunakan campuran cuka beras, garam, dan gula.

4. Tempura
tempura
Tempura adalah seafood atau sayuran yang dicelupkan ke adonan dan digoreng. Sajian ini biasanya menyertakan saus dan daikon.

5. Teriyaki
teriyaki
Teriyaki adalah cara memasak makanan Jepang yang dipanaskan atau dipanggang di atas wajan atau kisi-kisi dari besi untuk memanggang dengan menggunakan saus khas teriyaki (tare). Saus ini biasanya dibuat dengan campuran kecap asin (shōyu), sake untuk memasak, dan gula pasir.

6. Shabu-shabu
Processed by: Helicon Filter;
Shabu-shabu atau sabu sabu merupakan jenis makanan nabe yang dimasak dan dihidangkan dalam panci besar. Dalam bahasa Jepang, nabe berarti panci. Panci berikut aneka ragam bahan makanan diletakkan di atas kompor kecil atau plat pemanas di atas meja. Jadi, seperti memasak sendiri. Shabu-shabu yang disantap beramai-ramai bisa juga disebut steamboat.

7. Yakitori
yakitori-Ayam-paprika
Yakitori merupakan sate ala Jepang yang menggunakan potongan daging ayam dan sayuran seperti paprika dan bawang putih.

8. Sukiyaki

sukiyaki
Sukiyaki adalah sup berisi sayuran dan daging sapi dan telur. Sayuran biasanya menggunakan daun bawang, jamur shiitake dan daun krisan (shungiku). Sering juga ditambahkan tahu dan mie (shirataki) dan bahan dimasak dalam saus yang terbuat dari kecap, gula dan sake manis (mirin).

9. Soba dan Udon
163
Soba dan udon merupakan jenis mi khas Jepang. Soba terbuat dari tepung gandum yang digiling dengan tangan hingga menghasilkan lebar atau diameter sekitar 1-2 mm. Sedangkan udon yang terbuat dari tepung terigu dan berbentuk tebal serta agak lebar memiliki diameter lebih dari 1,7 mm.

10. Sashimi
 sashimi
Sashimi merupakan makanan Jepang berupa ikan laut yang diris tipis-tipis dan langsung dimakan dalam keadaan mentah dengan kecap asin, parutan jahe, dan wasabi.

11. Donburi
donburi
Donburi merupakan nasi putih yang dihidangkan dengan berbagai macam lauk seperti ikan, daging dan sayur-sayuran berkuah dalam satu mangkuk. Kuah untuk donburi bergantung pada jenis makanan, tapi pada umumnya berupa dashi dicampur kecap asin dan mirin.

12. Onigiri
onigiri
Onigiri adalah nasi yang dipadatkan sehingga berbentuk segi tiga, bulat, atau seperti karung beras. Dikenal juga dengan nama lain Omusubi, onigiri biasa dimakan dengan tangan.
Nah, yang mana makanan favorit kalian??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar