Kamis, 19 Maret 2015

Penting Bagi Wisatawan : Hal yang Boleh & Tidak Boleh Dilakukan di Thailand

Budaya Thai

Budaya Thailand sangatlah hangat dan ramah, orang-orang Thai terbuka dengan keyakinan orang lain, pandangan politik seseorang dan sangat bangga dengan budaya mereka sendiri. Namun, walau sensitif terhadap perilaku orang lain, rakyat Thailand mengikuti beberapa praktek budaya yang dapat dianggap canggung untuk beberapa pengunjung. Umumnya, orang Thailand tidak akan terang-terangan menunjukkan ketidaksenangan pada seseorang yang melanggar norma-norma budaya Thailand. Perilaku tersebut sebenarnya merupakan aspek penting dari budaya Thailand: Thailand tidak memperlihatkan kesebalannya terhadap perilaku orang lain! Maka dari itu, baik adanya untuk menyadari aspek-aspek budaya Thailand dan berperilaku sesuainorma yang berlaku. 


Monarki

Dalam budaya Thailand, orang-orang memiliki rasa cinta dan hormat yang mendalam terhadapkeluarga kerajaan, dan pengunjung harus berhati-hati untuk menunjukkan rasa hormat untuk Raja, Ratu dan keluarga kerajaan, serta setiap gambar anggota keluarga kerajaan. Berbicara buruk tentang keluarga kerajaan sangatlah tidak dapat diterima dan diharuskan baik oleh standar budaya Thailand maupun hukum Thailand untuk berdiri untuk menghormati Raja sebelum pemutaran film dan acara publik lainnya.


Agama

Pengunjung harus berpakaian rapi di semua kuil agama.Tidaklah pantas untuk memasukki sebuah kuil telanjang dada, atau hanya menggunakan celana pendek, kemeja tanpa lengan, atau pakaian tidak pantas lainnya.Anda dapat memakai sepatu ketika berjalan di sekitar kompleks sebuah kuil Buddha, tetapi tidak di dalam kapel di mana gambar Buddha utama disimpan.

Setiap patung Buddha, besar atau kecil, hancur atau tidak, dianggap sebagai benda suci. Jangan coba-coba naik ke salah satu patung untuk mengambil foto atau melakukan apa pun yang seliranya menunjukkan kurangnya rasa hormat. Biksu Budha dilarang untuk menyentuh atau disentuh oleh seorang wanita, atau menerima sesuatu dari Anda. Jika seorang wanita berniat untuk memberikan sesuatu kepada seorang biksu, pertam-tama ia harus menyerahkannya kepada seorang pria, yang kemudian dapat hadir ke biksu atau dia harus meletakkannya di tanah atau meja yang berada dalam jangkauan seorang biarawan. Biksu sama-sama tidak diperbolehkan untuk duduk di samping wanita pada transportasi umum, sehingga perempuan harus sopan dan tidak menempati kursi kosong di samping seorang biksu yang menyebabkan dia berdiri.


Norma Sosial Dalam Budaya Thailand

Orang Thailand biasanya tidak berjabat tangan ketika mereka menyambut satu sama lain, melainkan tekan telapak tangan mereka bersama-sama dalam gerakan doa-seperti disebut wai. Umumnya, orang yang lebih muda atau orang dari status sosial yang lebih rendah melambai ke orang yang lebih tua atau lebih senior, yang kemudian akan balas melambai.

Orang Thailand menganggap kepala sebagai bagian tertinggi dari tubuh dan kaki sebagai terendah, baik secara harfiah maupun kiasan.Oleh karena itu, hindari menyentuh orang di kepala dan cobalah untuk tidak mengarahkan kaki Anda pada orang-orang atau benda.Hal ini dianggap sangat kasar.Sepatu harus dilepas ketika memasuki rumah dan beberapa tempat usaha.

Hindari pertunjukkan kemesraan di depan umum antara pria dan wanita yang disukai, beigtu juga marah-marah di tempat umum.

Nasihat Khusus

- Waspadalah terhadap orang yang tanpa izin yang jelas yang menawarkan jasa mereka sebagai pemandu. Untuk semua informasi wisata, hubungi Tourism Authority of Thailand, Telp: 1672. Untuk informasi mengenai Bangkok, hubungi Bangkok Metropolitan Tourist Bureau, Telp: 66 (0) 2-225 7612-4.

- Amati semua tindakan pencegahan yang normal dalam hal keselamatan pribadi, serta keamanan barang-barang Anda. Berjalan sendirian di jalanan yang sepi atau daerah sepi tidak dianjurkan.Pastikan bahwa semua barang-barang berharga Anda-uang, perhiasan, dan tiket pesawat dengan benar dijaga dengan baik agar terhindar dari kehilangan. Pengunjung yang membutuhkan bantuan yang berkaitan dengan keselamatan, praktik yang tidak etis, atau hal-hal lainnya, silakan menghubungi Polisi pariwisata di Tel: 1155.

- Buanglah sampah anda pada tempatnya. Administrasi Metropolitan Bangkok (The Bangkok Metropolitan Administration) mulai benar-benar menegakkan hukum kebersihan dalam upaya untuk menjaga kota yang bersih. Denda akan dikenakan pada orang yang meludah, membuang puntung rokok, atau membuang sampah di area publik.

- Jangan membuat diri Anda terlibat dengan narkoba. Sanksi untuk pelanggaran narkoba sangat parah di Thailand.

- Jangan mendukung setiap cara penyiksaan binatang liar. Jangan pernah membeli produk atau suvenir yang terbuat dari hewan liar termasuk ular atau kulit biawak, cangkang kura-kura, dan gading.Hindari mendukung restoran lokal yang melayani hidangan hewan liar.Adalah melanggar hukum untuk membantai satwa liar untuk makanan di Thailand.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar