Minggu, 15 Maret 2015

Seni Bela Diri Jepang Kyudo

Apa yang kalian bayangkan jika mendengar kata memanah? mungkin kalian membayangkan seseorang berkebangsaan Amerika sedang menunggang kuda sambil menembakkan panahnya ke langit. Bukan panah seperti itu yang dimaksud disini ,  tapi panahan memiliki banyak akar dalam berbagai budaya. Jepang adalah praktisi besar seni ini dan masih  mempraktekkan tradisi ini , yang dikenal sebagai KYUDO.
Kyudo atau (弓道  busur) adalah seni bela diri Jepang dari memanah. Seni ini berasal dari samurai di feodal Jepang. Meskipun penciptaan panahan sendiri belum pernah benar-benar ditentukan kapan munculnya, karena kembali ke usia prasejarah, Jepang masih memiliki sejarah kental dengan seni. Praktisi seni ini disebut sebagai kyūdōka (弓道家) dan telah dilatih selama berabad-abad dan terus melakukannya hingga hari ini. Bahkan ada International Federation Kyudo resmi yang menawarkan lebih dari 130.000 anggota dan berkembang.
800px-Arceri_Kyudo

Kebutuhan Kyudo tumbuh kuat ketika kelas samurai mulai mengambil alih dengan kekuasaan selama milenium pertama. Banyak orang Jepang mulai melatih dan meningkatkan pendidikan mereka di Kyudo untuk membantu guna mempertahanan serta menyerang lawan dengan serangan jauh. Itu keuntungan jangka panjang yang sangat dihargai karena yang yang dilawan adalah seorang pria yang berbaju besi dengan pedang. Kebutuhan akan Kyudoka meningkat lebih jauh ketika perang Genpei pecah.
732px-Japanese_archer_1878b-1
Selama dan setelah Perang Saudara Jepang terjadi, teknik busur baru dikembangkan disebut hi, kan,chu (fly, menusuk, pusat). Teknik ini menjadi efektif dan bahkan membantu untuk menciptakan sekolah-sekolah yang mengajarkan Kyudo dan pendidikan teknik-teknik baru terbentuk. Sekolah-sekolah ini masih ada sampai sekarang, tetapi masing-masing bervariasi dalam gaya mereka dan tujuan. Perusahaan ini juga memiliki sistem ranking dan kelas yang mengidentifikasi keterampilan pemanah individual. Tapi Kyudo tidak hanya dipelajari sebagai bentuk seni bela diri, tetapi juga sebagai praktek seremonial dan kompetisi.
dsc_0336

Busur Jepang yang biasanya digunakan disebut Yumi, busur besar yang terdiri dari bambu. Pemanah busur ini memakai sarung tangan di tangan kanan mereka, yang disebut sebagai yugake. Sarung tangan tersebut biasanya terbuat dari kulit rusa dan hanya ditutupi 3-4 jari. The Kyudoka kemudian akan memilih antara sarung tangan keras atau sarung tangan lembut saat pengambilan gambar. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Setiap pemanah juga akan menggunakan teknik yang mereka sukai, tetapi biasanya salah satu dari delapan teknik yang umum pemanah pahami.
Kyudoka-yunde-glove

Kyudo masih berkembang bentuk seni bela diri hari ini, beberapa di antaranya menyebutnya “murni seni bela diri Jepang”. Baik pria maupun wanita kyudoka melakukan seni ini dalam upacara dan kompetisi. Di bawah ini adalah video yang menunjukkan sebuah kompetisi, yang menjadi tuan rumah beberapa wanita cantik di kimono yang memamerkan keahlian mereka.

CLICK THIS
 
Saya suka memanah dan aku bahkan berlatih diri dari waktu ke waktu, tapi saya tidak berpikir keterampilan saya cukup membandingkan, ya tahu apa yang saya maksud. Bagaimana dengan kalian? Apakah ada di antara kalian yang pernah berlatih memanah atau memiliki keinginan untuk mencoba?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar