Minggu, 15 Maret 2015

“Kurama” Daerah Bernuansa Khas di Pinggir Kota Kyoto

Salah satu daerah pinggiran Kyoto yang menawarkan suasana dan pemandangan yang khas adalah Kurama. Daerah ini merupakan sebuah kota kecil yang terletak di dekat pegunungan di sisi utara Kyoto. Jaraknya kira-kira 1 jam perjalanan dari pusat kota Kyoto.
Karena lokasinya yang berada di daerah pegunungan, kota kecil ini jelas memiliki udara yang lebih segar dan pemandangan alam yang indah, yang takkan bisa klaian temukan jika hanya menjelajah daerah pusat Kyoto saja.
kurama_kyoto_3
kurama_kyoto_2
Untuk mencapai Kurama dari Stasiun Kyoto dibutuhkan 3 kali transfer kereta dengan lama perjalanan sekitar satu jam. Dimulai dari Stasiun Kyoto, Anda dapat mengambil kereta api JR Nara Line dan turun di stasiun Tofukuji.
Dari Stasiun Tofukuji inilah Anda dapat transfer ke kereta api Keihan Main Line yang menuju stasiun Demachi-Yanagi dimana Anda dapat kembali pindah ke kereta api Eizan Kurama Line dan turun di stasiun Kurama. Alternatif lain untuk mencapai Kurama adalah turun di stasiun Kibune (1 stasiun sebelum Stasiun Kurama) dan berjalan kaki melewati jalur hiking dari Kibune menuju Kurama.
Jalur hiking antara Kibune dan Kurama terkenal sangat indah, namun dikarenakan jalur ini memiliki banyak tanjakan yang cukup tinggi, jalur hiking ini hanya dianjurkan bagi Anda yang memiliki fisik yang kuat.
Kurama merupakan kota yang cukup kecil dimana Anda hanya memerlukan waktu satu hari untuk menikmati seluruh atraksi menarik di kota ini seperti kuil Kurama-dera yang berada di daerah atas gunung, kuil Yuki-jinja, pemandian air panas, hingga pemandangan alam yang indah.
kurama_kyoto
kurama_kyoto_1
Kuil Kurama-dera terletak di atas bukit yang cukup tinggi, sehingga Anda dapat melihat keseluruhan lembah yang indah dari kuil ini. Kuil Budha yang dibangun pada abad ke-8 ini cukup sepi akan pengunjung bahkan pada puncak musim liburan, sehingga kuil ini sangat cocok sekali bagi Anda yang ingin melarikan diri dari hiruk pikuk kota Kyoto.
Jika Anda memiliki stamina yang cukup, Anda dapat berjalan kaki dari kota Kurama, dan mendaki bukit untuk mengunjungi kuil ini. Lama pendakian sekitar 30 menit sampai 1 jam, namun keindahan alam ala pegunungan yang dilewati cukup dapat membuat Anda tercengang. Jika Anda tidak ingin berjalan kaki, jangan kuatir karena di Kurama terdapat cable car atau kereta gantung yang dapat membawa Anda hingga setengah perjalanan dengan harga tiket ¥100 untuk sekali perjalanan.
Setelah puas menikmati pemandangan dari kuil Kurama-dera, Anda dapat melanjutkan kunjungan Anda ke k Yuki-jinja, sebuah kuil Shinto yang terletak tidak jauh dari Kuil Kurama-dera. Jika Anda berkunjung pada tanggal 22 Oktober, Anda dapat mengikuti Kurama Hi Matsuri, atau Festival Api di kuil ini yang termasuk ke dalam daftar salah satu festival yang paling menarik di Kyoto.
Untuk mengakhiri wisata Anda di Kurama, Anda dapat menikmati pemandian air panas khas jepang atau yang biasa disebut onsen. Kurama memiliki onsen yang menjadi tujuan utama para wisatawan Kyoto karena relatif mudah dicapai dibanding onsen lain di sekitar Kyoto. Onsen ini merupakan bagian dari ryokan (penginapan tradisional jepang), dan jika Anda menginap di ryokan tersebut, Anda dapat menikmati onsen indoor dan outdoor secara cuma-cuma.
kurama_kyoto_4
Untuk Anda yang tidak menginap di ryokan tersebut, Anda harus membayar ¥2500 untuk menikmati seluruh onsen, atau ¥1100 untuk menikmati onsen outdoor-nya saja. Onsen outdoor ini sangat menarik, karena Anda dapat bersantai menikmati air panas bersulfur sambil menikmati pemandangan khas Kurama. Namun perlu diperhatikan bahwa onsen outdoor ini hanya dibuka jika cuaca memungkinkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar