Kamis, 19 Maret 2015

60 Fakta Unik Tentang Thailand

thailand-semestafakta

1. Nama Thailand dalam bahasa Thai adalah Prathet Thai, yang artinya “Tanah Kebebasan”. Thailand adalah satu-satunya negara yang tidak pernah dijajah oleh negara Eropa.
2. Thailand mempunyai beberapa nama selama berabad-abad. Selama ratusan tahun Thailand dikenal dengan nama kota-kota besar, seperti Sukhothai, Ayutthaya, dan Thonburi. Sejak tahun 1800-an, Thailand berulangkali berubah nama antara lain Siam (dari bahasa Sanskrit yang artinya gelap atau cokelat) dan Thailand.
3. Thailand mencatat rekor dunia dalam hal mencuci piring terpanjang pada Mei 2010 ketika 10.488 piring bersih dijajar. Namun rekor tersebut dikalahkan India pada 6 April 2011 ketika India menata piring bersih sebanyak 15,295, setara dengan lebih dari 2.36 mil.
4. Thailand berbagi batas negara dengan empat negara, yaitu Myanmar (dahulu Burma), sampai ke utara dan barat, Laos sampai ke utara dan timur, Kamboja sampai ke Asia Tenggara, dan Malaysia sampai ke selatan.
5. Thailand adalah rumah bagi Buddha emas terbesar dunia, kolam buaya terbesar, restoran terbesar, jembatan suspensi satu rentang terpanjang, dan hotel terpanjang dunia.
thailand2-semestafakta
6. Pada zaman dahulu, seluruh kaum muda Thai termasuk seorang raja menjadi Buddhis selama periode waktu yang singkat sebelum hari kelahirannya yang ke-20. Sekarang, sedikit pemuda yang menjalankan praktik Buddhis.
7. Mamalia terkecil di dunia, Craseonycteris thonglongyai (semacam kelelawar) ada di Thailand.
thailand3-semestafakta
8. Thailand mempunyai ikan terbesar dunia, 12 meter Rhincodon typus, yang terkenal dengan ikan paus.
9. Ahli pengobatan, Hoo Sateow dari Thailand mempunyai rambut terpanjang di dunia dengan panjang 16’11”. Dia mengatakan tentang rambutnya, “peliharalah dia dengan baik dan ramah”.
thailand5-semestafakta
10. Pada tahun 199, dua “kucing mata intan”, Phet dan Ploy menikah dengan acara pernikahan yang mewah yang memakan biaya $16,241, dan menjadi pernikahan binatang piaraan termahal di dunia.
11. Pada tahun 1999, 30 dokter hewan bekerja untuk mengobati penyakit kaki gajah pada sapi berumur 38 tahun yang terserang penyakit ketika dia menginjak tanah tambang di Thailand. Peristiwa tersebut mencatat rekor sejumlah dokter hewan terbanyak di dunia dalam melaksanakan tugasnya.
12. Pada tahun 1999, sebanyak 283 penerjun payung mencatat rekor untuk penerjun payung terbesar dalam hal formasi terjun bebas di atas Ubon Ratchathani, Thailand. Mereka membentuk formasi selama 7.11 detik.
13. Thailand adalah negara terbesar ke-51 di dunia. Rusia adalah yang paling besar. Amerika menduduki ketiga negara terbesar dunia.
14. Thailand sedikit lebih besar dari ukuran Wyonming, yaitu 198,115 mil persegi (513,115 km2).
15. 75% penduduk Thailand adalah Thai, 14% adalah orang China, dan 11% penduduk “lainnya”
16. Buddhisme adalah agama terbesar di Thailand dengan 94.6% penduduk memeluk agama tersebut. Pemeluk Islam ada 4.6%, Kristen 0.7%, dan agama lainnya 0.1%.
17. Kue besar Natal terbesar di dunia dibuat di Bangkok, Thailand, pada tanggal 15 Desember 1997. Kue tersebut beratnya 5,071 lbs dan mencapai 27’6”. Kue tersebut kemudian dipotong menjadi 19,212 porsi.
18. Thailand mencatat rekor catwalk terpanjang pada tanggal 9 April 2010. Catwalk tersebut panjangnya 1,584 meter dan menjadi bagian dari Pattaya International Fashion Week.
19. Thailand adalah rumah bagi anak yang berbulu paling banyak di dunia, bernama Supatra “Nat” Sasuphan.
20. Titik tertinggi di Thailand ada di Doi Inthanon, dengan ketinggian 8,514 kaki (2,595 m) dan juga menjadi tujuan favorit turis. Ternyata, sekitar 12,000 orang mengunjungi puncak tersebut pada setiap pergantian tahun. Titik terendah adalah laut.
thailand10-semestafakta
21. Nama tempat terpanjang di dunia adalah nama lengkap bangkok, ibu kota Thailand, yaitu: Krungthepmahanakhon Amonrattanakosin Mahintharayutthaya Mahadilokphop Noppharatratchathaniburirom Udomratchaniwetmahasathan Amonphimanawatansathit Sakkathattiyawitsanukamprasit. Artinya adalah “Kota Malaikat, Kota Keabadian Agung, Kota Sembilan Mutiara yang Menawan, Tempat Duduk Raja, Kota Istana Raja, Rumah Inkarnasi Dewa, Didirikan oleh Visvakarman di Behest Indra.
22. Pada abad yang lalu, Thailand bagian utara ditutup oleh hutan pepohonan besar yang lebat. Sekarang hanya sekitar ¼ negara menyisakan hutan. Thailand mempunyai tingkat kedua penggundulan hutan di Asia Tenggara. Hanya Singapura yang banyak kehilangan hutan. Sekarang penebangan hutan dilarang di Thailand.
23. Keluarga kecil (nucklear) di Thailand jarang karena kebanyakan penduduk tinggal dalam keluarga yang sangat besar.
24. Bahasa nasional Thailand adalah bahasa Thai, yang diyakini oleh banyak sarjana merupakan bentuk dari bahasa China yang berangsur-angsur dibawa ke daerah tersebut antara abad ke-7 dan ke-13. Seperti bahasa Lao, Vietnam, dan China, bahasa Thai adalah bahasa yang menggunakan gaya suara. Alfabetnya ada 32 huruf vokal dan 44 konsonan.
25. Bangkok pernah disebut dengan “Venice dari Timur” karena bangunan aslinya berdiri di atas sungai Chao Phraya. Namun, dengan bertambah besarnya Bangkok, banyak terusan ditempati untuk bangunan dan ditutup.
26. Polisi lalu lintas di Bangkok memakai masker wajah karena tingkat polusi udara yang membahayakan. Pos polisi juga dilengkapi dengan tabung oksigen karena banyak pegawai polisi kelelahan karena polusi. Lebih dari 20% polisi Bangkok terjangkit penyakit paru-paru. Salah satu bank Thai memperkirakan bahwa polusi Bangkok menghabiskan dana negara $2.3 milliar per tahunnya karena kurangnya produksi, pemborosan energi, dan biaya kesehatan.
27. Tsunami tahun 2004 menghantam tembok penahan air setinggi 30 kaki di pantai Thailand, membunuh lebih dari 8000 orang. Diperkirakan 1500 anak-anak Thailand kehilangan orang tuanya dan lebih dari 150.000 orang Thai yang sedang bekerja mencari ikan atau industri turis kehilangan mata pencahariannya.
28. Prostitusi dilegalkan di Thailand, disamping undang-undangnya sangat jarang dilaksanakan. Diperkirakan jumlah pekerja seks beragam dari 30.000 sampai lebih dari 1 juta.
29. Lebih dari 1500 spesies anggrek tumbuh liar di hutan Thai. Thailand adalah eksporter anggrek nomor satu dunia.
30. Kucing Siamese adalah asli Thailand. Di Thai kucing tersebut dinamakan wichen-maat, yang artinya “intan rembulan”. Sebuah kitab syair Thai abad ke-14 menggambarkan 23 jenis kucing Siamese; sekarang hanya ada enam jenis yang tersisa. Memberikan pasangan kucing Si Sawat (jenis dari kucing Siamese) untuk kawin diyakini membawa keberuntungan dalam pernikahan.
thailand6-semestafakta
31. Thailand adalah rumah bagi ular terpanjang di dunia, yaitu ular Piton. Ular terbesar pernah ditemukan dengan panjang 33 kaki (10 meter).
32. Thailand adalah rumah bagi ular terpanjang dan paling berbisa di dunia, yaitu ular king kobra. Panjang ular kobra tersebut bisa mencapai lebih dari 18 kkai, dan satu gigitannya dapat membunuh seekor gajah.
33. Kadal terbesar adalah hewan asli Thailand. Kadal tersebut bisa tumbuh sepanjang 7 kaki.
34. Kira-kira 10% dari spesies burung di dunia hidup di Thailand, suatu ukuran yang lebih besar dari yang terdapat di seluruh Eropa atau Amerika Utara.
35. Sarang burung walet (swiftlet) terbuat dari air liur dari burung walet jantan. Sarang burung walet yang dikumpulkan dari gua di Thai dapat mencapai lebih dari $9000 per pond. Salah satu dari jenis makanan yang paling mahal dan diidam-idamkan.
36. Sungai Mekong, yang membatasi sebelah timur Thailand, menyumbangkan lebih dari 1300 spesies ikan. Sungai ini mempunyai banyak ikan terbesar dunia, termasuk ikan lele besar yang dapat panjangnya dapat mencapai 10 kaki dan beratnya 660 lbs.
thailand9-semestafakta
37. Salah satu hewan Thailand yang paling aneh adalah mudskipper, yaitu sejenis ikan yang bisa berjalan di daratan dan memanjat pohon. Ikan ini menggunakan siripnya untuk “berjalan” dan dapat menyerap oksigen melalui kulitnya dan sakuran di mulutnya. Ikan ini menghabiskan banyak waktunya di luar air, makan alga di genangan air pasang.
thailand7-semestafakta
38. Seabad yang lalu lebih dari 100.000 gajah hidup di Thailand, dengan sekitar 20.000 gajah yang masih liar. Sekarang, ada sekitar 5000, dengan kurang dari separohnya masih hidup liar.
39. Film Hollywood dan Broadway yang berjudul The King and I dilarang di Thailand. Atas  dasar penguasa Siamese, Raja Mongkrut dan seorang guru bernama Anna Leonowens, film tersebut dianggap menghina raja. Walaupun dalam film tersebut raja digambarkan sebagai orang yang tidak berbudaya, tetapi raja dipercayai sebagai penguasa pertama Asia yang berbicara, membaca, dan menulis bahasa Inggris dengan fasih. Dia juga dianggap sangat cerdas, berbudaya, dan bisa membaca dengan baik. Kemudian, dia dikenal sebagai bapak saintis Thai.
40. Pemerintah monarki paling lama di Thailand dan di dunia adalah Bhumibol Adulyadej, yang menjadi King Rama IX pada Juni 1946. Dia lahir di Amerika pada tahun 1927 ketika ayahnya menempuh belajar kedokteran di Harvard. Dia mempunyai hak patent dalam membentuk penyebaran awan dan mendapat gelar teknisi dari Switzerland. Dia juga memainkan saksofon dan menyusun lagu kebangsaan Thailand.
41. Lebih dari 300.000 oarng Thai menetap di Amerika Utara dengan komunitas terbesar di pantai Barat di kota-kota seperti Los Angeles, San Fransisco, dan Vancouver. Sekarang, lebih dari 10.000 orang Amerika tinggal di Thailand.
42. Pemain golf terkenal dunia, Tiger Wood, adalah anak dari ayah keturunan Amerika dan ibunya keturunan Thai.
thailand8-semestafakta
43. Kalau elang gundul adalah simbol negara Amerika, burung Garuda (makhluk dari agama Hindu) adalah simbol nasional dan kerajaan Thailand.
44. Bendera nasional Thailand dinaikkan setiap pagi jam 08.00 dan diturunkan setiap sore pada jam 06.00. bendera Thailand diperkenalkan pada tahun 1917 oleh Raja Vajiravudh (Rama VI). Dua bilahgaris merah horisontal menyimbulkan tanah dan penduduknya. Garis putih horisontal menyimbulkan kesucian Buddhisme, agama utama bangsa. Pita biru yang lebar menyilang di tengah menyimbulkan monarki. Sebelum tahun 1917, bendera bergambar gajah putih dengan latar belakang berwarna merah.
45. Satu dari sepuluh orang Thai tinggal di Bangkok, ibu kota negara dan kota terbesar di Thailand.
46. Bangkok adalah tujuan turis pavorit di Asia. Pada tahun 2005, lebih dari 11 juta turis asing mengunjungi kota tersebut.
47. Thailand adalah produsen timah terbesar di dunia.
48. Thailand bagian utara adalah produsen utama opium pada tahun 1960-an dan 1970-an, yang menjadi sumber pendapatan utama suku-suku di perbukitan. Ujung utara Thailand, ujung barat Laos, dan sudut timur Myanmar, ketiganya disebut “Segitiga Emas” dan terkenal karena penghasil dan penjualan opium dan heroin.
49. Ramakien adalah cerita epos nasional Thailand dan mempengaruhi kehidupan orang Thai setiap hari selama ratusan tahun. Cerita tersebut sebenarnya versi Ramayana Thai, sebuah sajak yang pertama kali diceritakan di India pada 3000 tahun yang lalu.
thailand11-semestafakta
50. Setiap tahunnya, sekitar 6 juta turis asing mengunjungi Thailand. Thailand juga menarik banyak warga pendatang (ekspatriat) dari negara-negara berkembang.
51. Presiden Andrew Jackson memulai hubungan resminya dengan Thailand pada abad ke-19.
52. Saudara kembar yang mendapat julukan “Siamese twins” (kembar Siamese) lahir pada tahun 1811 di pedesaan dekat Bangkok. Saudara kembar, Eng dan Chang melekat di dada dan meninggalkan Thailand menuju ke Amerika ketika mereka berusia 17 tahun. Masing-masing keduanya menikah, dan keduanya mempunyai 22 anak. Pada tahun 1873, Eng terjangkit pneumonia dan meninggal dunia. Kemudian Chang meninggal beberapa jam kemudian.
53. Kasus HIV/AIDS pertama dilaporkan di Thailand pada tahun 1984. Thailand sekarang menjadi negara peringkat pertama di Asia dalam masalah HIV.
54. Wisata seks meningkat tajam selama tahun 1960-an dan 1970-an karena selama perang Vietnam para tentara terbang ke tempat R&R (Gis menyebutnya I&I: mabuk dan berhubungan seks) yang tidak resmi menjadi basis militer. Pemerintah Thai mengizinkan aksi tempat hiburan pada tempat 1966, yang meminta polisi untuk mentolerir praktik prostitusi di kalangan militer.
55. Thailand mencatat rekor perdagangan seks anak terburuk di dunia
56. Thailand mempunyai reputasi membolehkan praktik seksual dan dianggap paling aman bagi para pelancong LGBT. Transeksual, yang terkenal dengan krathoeis atau banci banyak terdapat di masyarakat besar.
57. Populasi Thailand adalah 67,091.089, yang menduduki peringkat ke-20 di dunia. Peringkat ini mencatat efek kematian yang diakibatkan karena AIDS.
58. Di Thailand, kepala itu bagian yang paling penting dari tubuh. Akibatnya, tidak ada orang yang pernah menyentuh kepala orang lain, bahkan kepada anak-anak. Orang Thai selalu berusaha menjaga kepalanya agar lebih rendah dari kepala seseorang yang lebih dituakan atau orang yang lebih penting, untuk menunjukkan penghormatannya.
59. Dalam tradisi Thailand, kaki itu dianggap hina karena kaki itu menyimbulkan alat bantu ke tanah, yang menjadi sebab penderitaan manusia. Dengan demikian, orang dilarang duduk dengan kakinya diarahkan ke patung di candi atau ke orang lain. Kaki harus selalu dilipat di bawah tubuh.
60. Film yang diputar di Thailand adalah The Big Boss (1941), Around the World in Eighty Days (1956), The Ugly American (1963), The Deer Hunter (1978), The Killing Fields (1984), Rambo: First Blood Part II (1985), Good Morning Vietnam (1987), Tomorrow Never Dies (1997), The Beach (2000), Alexander (2004), Bridget Jones: Edge of Reason (2004), Star Wars: Episode III Revenge of the Sith (2005), Stealth (2005), dan The Hangover Part II (2011).

2 komentar:

  1. saya bantu ya, ini sumber aslinya: https://semestafakta.wordpress.com

    BalasHapus
  2. Artikel yang sangat menarik kak ^^

    Jangan lupa juga mampir disitus kita ya kak ^^

    Hausgol Merupakan Situs Agen Judi Online Terbaik dan terpercaya di Indonesia, dengan banyak jenis permainan judi Online SBOBET, MAXBET, CMDBET, Sabung Ayam Online dengan Proses yang cepat dan aman.

    Daftar Judi Online
    Agen Judi Online
    Situs Judi Bola Online
    Sabung Ayam Online
    Judi Online Sbobet
    Daftar Situs Agen Judi
    Berita Sabung Ayam S128
    Cara Bermain Sabung Ayam Online
    Prediksi Bola Gratis
    Jadwal Pertandingan Sepakbola

    BalasHapus